latihan codepolitan

Teknologi Informasi dan Manajemen

Pengantar Teknik Informatika Pertemuan Ketigabelas


Teknologi Informasi dan Manajemen

o   Strategi dalam Information System
Perencanaan manajemen strategi di dalam  perusahaan yang berbasiskan Teknologi Informasi dimulai dengan perencanaan strategi teknologi informasi. Perencanaan strategi teknologi informasi dengan melakukan 4 poin utama , yaitu:
1.    Meningkatkan pengertian manajemen tentang kesempatan dan keterbatasan dalam penerapan teknologi informasi.
2.    Melakukan penilaian terhadap kinerja yang dihasilkan pada masa sekarang.
3.    Melakukan identifikasi terhadap kapasitas dan kebutuhan sumber daya manusia.
4.    Melakukan klarifikasi tingkat investasi yang dibutuhkan untuk melakukan penerapan teknologi informasi.

Di dalam  perencanaan strategi misalnya dalam  berbisnis  dapat diketahui kesempatan apakah yang dapat dilakukan  di perusahaan untuk melaksanakan strategi dengan menggunakan teknologi informasi dan keterbatasan apakah yang mungkin  akan  dihadapi oleh perusahaan. Hal ini dapat dilihat dari informasi apa yang dibutuhkan tetapi keterbatasan apa yang mungkin menjadi kendala untuk memperoleh informasi ini. Informasi yang dibutuhkan dan bagaimana memperoleh informasi ini, dapat terkait dari keterbatasan  infrastruktur yang ada di dalam perusahaan.

 Tetapi jika perusahaan ingin melaksanakan  manajemen strategi dengan strategi  sistem  informasi, perusahaan dapat melakukan penilaian terhadap kendala yang   mungkin akan terjadi  dan  dapat  mencari alternatif untuk mengatasi kendala tersebut. Kinerja yang diperoleh sekarang ini dapat dilihat mulai dari level operasional (low level), manajerial (managerial level) dan strategi (top level). Dari hasil penilaian ini, maka perusahaan dapat memilih strategi yang mungkin akan dilakukan untuk meningkatkan kinerja yang masih perlu ditingkatkan atau mempertahankan kinerja yang sudah baik.

Kinerja yang diperoleh oleh perusahaan sebagian besar adalah hasil kinerja dari suatu yang dicapai, prestasi yang diperlihatkan dan kemampuan kerja yang ditentukan secara periodik dari efektifitas suatu organisasi, bagian organisasi dan karyawan-nya berdasarkan sasaran, standar dan kriteria yang ditetapkan sebelumnya .

o   Perencanaan dalam sistem informasi

Cara merencanakan sistem informasi dengan benar yaitu sebagai berikut,

1.  Memperbaiki efisiensi kerja  dengan melakukan otomasi berbagai proses yang mengelola  informasi.
2.     Meningkatkan keefektifan manajemen dengan memuaskan kebutuhan informasi guna pengambilan keputusan.

3.   Memperbaiki daya saing atau meningkatkan  keunggulan kompetitif organisasi dengan merubah gaya dan cara berbisnis

Comments