- Get link
- X
- Other Apps
Pengantar Teknik Informatika Pertemuan Ketigabelas
Teknologi Informasi dan Manajemen
o
Strategi dalam Information System
Perencanaan manajemen
strategi di dalam perusahaan yang
berbasiskan Teknologi Informasi dimulai dengan perencanaan strategi teknologi
informasi. Perencanaan strategi teknologi informasi dengan melakukan 4 poin
utama , yaitu:
1.
Meningkatkan pengertian manajemen tentang kesempatan dan keterbatasan
dalam penerapan teknologi informasi.
2.
Melakukan penilaian terhadap kinerja yang dihasilkan pada masa sekarang.
3.
Melakukan identifikasi terhadap kapasitas dan kebutuhan sumber daya
manusia.
4.
Melakukan klarifikasi tingkat investasi yang dibutuhkan untuk melakukan
penerapan teknologi informasi.
Di dalam perencanaan strategi misalnya dalam berbisnis
dapat diketahui kesempatan apakah yang dapat dilakukan di perusahaan untuk melaksanakan strategi
dengan menggunakan teknologi informasi dan keterbatasan apakah yang
mungkin akan dihadapi oleh perusahaan. Hal ini dapat
dilihat dari informasi apa yang dibutuhkan tetapi keterbatasan apa yang mungkin
menjadi kendala untuk memperoleh informasi ini. Informasi yang dibutuhkan dan
bagaimana memperoleh informasi ini, dapat terkait dari keterbatasan infrastruktur yang ada di dalam perusahaan.
Tetapi jika perusahaan ingin melaksanakan manajemen strategi dengan strategi sistem
informasi, perusahaan dapat melakukan penilaian terhadap kendala
yang mungkin akan terjadi dan
dapat mencari alternatif untuk
mengatasi kendala tersebut. Kinerja yang diperoleh sekarang ini dapat dilihat
mulai dari level operasional (low level), manajerial (managerial level) dan
strategi (top level). Dari hasil penilaian ini, maka perusahaan dapat memilih
strategi yang mungkin akan dilakukan untuk meningkatkan kinerja yang masih
perlu ditingkatkan atau mempertahankan kinerja yang sudah baik.
Kinerja yang diperoleh oleh
perusahaan sebagian besar adalah hasil kinerja dari suatu yang dicapai,
prestasi yang diperlihatkan dan kemampuan kerja yang ditentukan secara periodik
dari efektifitas suatu organisasi, bagian organisasi dan karyawan-nya
berdasarkan sasaran, standar dan kriteria yang ditetapkan sebelumnya .
o
Perencanaan dalam sistem informasi
Cara merencanakan sistem
informasi dengan benar yaitu sebagai berikut,
1. Memperbaiki efisiensi
kerja dengan melakukan otomasi berbagai
proses yang mengelola informasi.
2. Meningkatkan keefektifan
manajemen dengan memuaskan kebutuhan informasi guna pengambilan keputusan.
3. Memperbaiki daya saing atau
meningkatkan keunggulan kompetitif
organisasi dengan merubah gaya dan cara berbisnis
- Get link
- X
- Other Apps
Comments
Post a Comment