- Get link
- X
- Other Apps
Pengantar Teknik Informatika Pertemuan Keempat
Sistem dan Unit Representasi Data Digital
A. Overview Komputer
1. Fungsi dari komputer
Setiap komputer digital melaksanakan lima fungsi dalam hal kotor:
- Mengambil data sebagai masukan
- Menyimpan data/ instruksi dalam memori dan menggunakannya bila diperlukan
- Memproses data dan mengubahnya menjadi informasi yang berguna
- Menghasilkan output
- Mengontrol semua di atas empat langkah tersebut
Komputer adalah perangkat pengolahan data elektronik yang :
- Menerima dan masukkan menyimpan data
- Memproses input data
- Menghasilkan output dalam format yang dibutuhkan
2. Kelebihan dan Kekurangan Komputer
Kelebihan Komputer:
Kecepatan tinggi
- Komputer adalah perangkat yang sangat cepat
- Hal ini mampu melakukan perhitungan jumlah yang sangat besar data
- Komputer memiliki unit kecepatan dalam mikrodetik, nanodetik, dan bahkan picosecond itu
- Hal ini dapat melakukan jutaan perhitungan dalam beberapa detik dibandingkan dengan pria yang akan menghabiskan berbulan-bulan untuk melakukan tugas yang sama.
Ketepatan
- Selain menjadi sangat cepat, komputer juga sangat akurat
- Perhitungan adalah 100% bebas dari kesalahan
- Komputer melakukan semua pekerjaan dengan akurasi 100% asalkan input yang benar telah diberikan
Kemampuan Penyimpanan
- Memori merupakan karakteristik yang sangat penting dari komputer
- Sebuah komputer memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih dari manusia
- Hal ini dapat menyimpan sejumlah besar data
- Hal ini dapat menyimpan semua jenis data seperti foto, video, teks, audio, dan banyak lainnya
Ketekunan
- Tidak seperti manusia, komputer bebas dari monoton, kelelahan dan kurangnya konsentrasi
- Hal ini dapat bekerja terus menerus tanpa kesalahan dan kebosanan
- Hal ini dapat melakukan pekerjaan berulang dengan kecepatan dan ketepatan yang sama
Fleksibilitas
- Sebuah komputer adalah mesin yang sangat serbaguna
- Sebuah komputer sangat fleksibel dalam melakukan pekerjaan yang harus dilakukan
- Mesin ini dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan berbagai bidang
- Pada satu contoh, mungkin memecahkan masalah ilmiah yang kompleks dan saat berikutnya mungkin memainkan permainan kartu
Keandalan
Sebuah komputer adalah mesin yang handal
Komponen elektronik modern memiliki kehidupan yang panjang
Komputer dirancang untuk membuat perawatan yang mudah
Otomatisasi
- Komputer adalah mesin otomatis
- Otomatisasi berarti kemampuan untuk melakukan tugas yang diberikan secara otomatis
- Setelah program diberikan kepada yaitu komputer, disimpan dalam memori komputer, program dan instruksi dapat mengontrol eksekusi program tanpa interaksi manusia
Pengulangan Kertas Kerja
- Penggunaan komputer untuk pengolahan data dalam suatu organisasi mengarah ke pengurangan kertas kerja dan hasil dalam mempercepat proses
- Sebagai data dalam file elektronik dapat diambil jika diperlukan, masalah pemeliharaan sejumlah besar file kertas akan berkurang
Pengurangan Biaya
- Meskipun investasi awal unutk menginstal komputer tinggi tetapi secara substansial mengurangi biaya dari masing-masing transaksi
Kekurangan Komputer
Tidak Ada IQ
- Sebuah komputer adalah mesin yang tidak memiliki kecerdasan untuk melakukan tugas apapun
- Setiap instruksi harus diberikan ke komputer
- Sebuah komputer tidak dapat mengambil keputusan sendiri
Ketergantungan
- Ini berfungsi sebagai per instruksi pengguna, sehingga sepenuhnya tergantung pada manusia
Lingkungan hidup
- Lingkungan operasi komputer harus bebas dari debu dan cocok
Tidak ada perasan
- Komputer tidak memiliki perasaan atau emosi
- Hal ini tidak bisa membuat penilaian berdasarkan perasaan, rasa, pengalaman, dan pengetahuan tidak seperti manusia
B. CPU
1. Pengertian CPU
CPU, singkatan dari Central Processing Unit adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Prosesor sering digunakan untul menyebut CPU pada umumnya. Adapun mikroprosesor adalah CPU yan diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal. Sejak tahun 1970-an , mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU.
Pin mikroprosesor Intel 80486DX2
Komponen CPU terbagi menjadi beberapa macam , yaitu sebagai berikut:
Unit kontrol (Control Unit)
Unit kontrol ini adalah bagian dari prosesor yang mampu mengatur jalannya program. Komponen ini terdapat dalam semua CPU. CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. Termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil instruksi-instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU(Aritmathic Logic Unit). Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah:
- Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
- Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama
- Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan ) untuk diproses
- Mengirim intruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika
- Mengawasi kerja dari ALU
- Menyimpan hasil proses ke memori utama
Register
Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya. Jika dianalogikan, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan secara manual, sehingga otak daapt diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.
ALU
ALU merupakan bagian dari CPU yang bertugas untuk melakukan operasi aritmetika da operasi logika berdasarkan instruksi yang ditentukan. ALU sering disebut mesin bahasa karena bagian ini ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit aritmetika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas sendiri. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.
Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (1), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (£), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (3).
CPU
Interconnections adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen
internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan juga dengan
bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori
utama, piranti masukan/ keluaran.
2.
Cara Kerja CPU
Saat data
dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama sekali diletakkan
di RAM (melalui input-storage); apabila berbentuk instruksi ditampung oleh
Control Unit di Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di
Working Storage. Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka
Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke
Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut
ditampung di Program Counter. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari
Working-storage untuk ditampung di General purpose register (dalam hal ini di
Operand-register).
Jika berdasar
instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU
akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang
ditetapkan. Hasilnya ditampung di Accumulator. Apabila hasil pengolahan telah
selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk
di tmapung kembali ke Working-storage. Jika pengerjaan keseluruhan telah
selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage
untuk di tampung ke Output-storage. Lalu selajutnya dari Output-storage, hasil
pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.
3.
Fungsi CPU
CPU
berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya
pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan
logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang
dimasukkan melalui beberape perangkat keras, seperti papan ketik, pemindai ,
tuas kontrol, maupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi
perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU
dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram
padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan
terlebih dahulu pada memori fisik (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi
alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses
data-data RAM dengan menentukan alamat yang dikehendaki.
Saat sebuah
program dieksekusi data mengalir dari RAM ke sebuah unit disebut dengan bus,
yang menghubungkan antara CPU dengan RAM. Data kemudian di dekode dengan
menggunakan unit proses yang disebut sebagai pendekor instruksi yang sanggup
menerjemahkan instruksi. Data kemudian berjalan ke unit aritmatika dan logika (ALU)
yang melakukan kalkulasi dan perbandingan. Data bisa jadi disimpan sementara
oleh ALU dalam sebuah lokasi memori yang disebut dengan register supaya dapat
diambil kembali dengan cepat untuk diolah. ALU dapat melakukan operasi-operasi
tertentu, meliputi penjumlahan, perkalian, pengurangan, pengujiam kondisi
terhadap data dalam register, hingga mengirimkan hasil pemrosesannya kembali ke
memori fisik, media penyimpanan, atau register apabila akan mengolah hasil
pemrosesan lagi. Selama proses ini terjadi, sebuah unit dalam CPU yang disebut
dengan penghitung program akan memantau instruksi yang sukses dijalankan supaya
instruksi tersebut dapat di eksekusi dengan urutan yang benar dan sesuai.
C.
Komponen-komponen CPU
1.
Casing
Casing
adalah bagian terluar dari CPU. Berfungsi untuk menutupi dan melindungi
komponen-komponen lain dari kotoran debu, dll. CPU juga memiliki fungsi sebagai
dudukan atau tempat berdirinya komponen-komponen lain agar dapat berhubungan
dengan kuat.
2
Processor
Sedikit
ulasan processor adalah sebuah chip kecil yang berfungsi sebagai pemikir atau
pemroses semua perintah yang diterima oleh CPU. Semakin tinggi tingkat
processor nya maka sebuah komputer akan semakin cepat juga memproses perintah
dari aktifitas yang kita lakukan, dan tentunya harus diimbangi juga dengan
komponen-komponen lainnya.
3.
RAM
RAM
adalah sebuah kartu grafis yang berfungsi untuk menampung data yang telah
terposes oleh processor sebelum ditampilkan dari perangkat yang ditujukan. Pemilihan
ukuran RAM sebaiknya dilihat dari apa fungsi komputer itu nantinya, jika hanya
dipergunakan dalam tingkat yang biasa
saya rasa ukuran RAM 2 giga itu sudah cukup, tetapi jika kita ingin menggunakan
komputer itu untuk desain grafis, bermain game berat, atau pu untuk membuka
aplikasi-aplikasi yang besar, sebaiknya kita pilih RAM dengan ukuran 4 giga
atau dengan ukuran yang lebih besar lagi karena semakin besar RAM yang kita
gunakan akan semakin bagus jga performa dari komputer kita.
4.
VGA
VGA (Video
Graphic Editor), adalah sebuah komponen yang berfungsi mengolah data grafis dan
menampilkan nya ke monitor, contohnya adalah ketika kita bermain game, game
dengan ukuran yang besar biasanya membutuhkan VGA dengan spesifikasi yang
tinggi agar game tersebut dapat berjalan lancar ketika kita mainkan.
5.
Hardisk
Fungsi
Hardisk adalah sebagai tempat penyimpanan semua data yang ada di dalam komputer
tersebut, seperti data musik, videos, picture, dll. Satuan ukuran dalam hardisk
adalah byte, dan ukuran nya pun bermacam-macam mulai dari 250 giga, 500 giga,
750 giga, 1 tera, dan lain sebagainya.
6.
Sound Card
Sound
Card, dari nama komponen ini sepertinya kita sudah bisa menebak apa tugas dari
sound card tersebut. Fungsi adalah menerima sinyal digital dari komputer dan
menjadi gelombang dan menghasilkan sinyal sonic. Jadi semua perintah suara yang
ada di komputer kita sound card inilah yang memprosesnya sebelum
mengeluarkannya melalui speaker.
7.
Power Supply
Ini adalah
komponen yang memiliki fungsi untuk mengalirkan daya listrik menuju
komponen-komponen lainnya agar dapat hidup dan bekerja. Power supply juga
dibedakan dalam beberapa bentuk ukuran, seperti: 300 watt, 380 watt, 400 watt,
450 watt, 600 watt, dll.
8.
Motherboard
Motherboard
atau yang sering dipanggil MOBO, adalah sebuah komponen yang sangat penting
dalam sebuah CPU, karna fungsinya adalah sebagai papan sirkuit atau sebagai
penghubung dari semua komponen yang ada di dalam CPU, agar dapat saling
berhubungan dan berkomunikasi
D.
REPRESENTASI DATA DIGITAL
1.
Pengertian Representasi Data
Representasi
data merupakan cara bagaimana nilainya disimpan di dalam memori komputer. Representasi
data berfungsi untuk mengurangi jumlah raung yang dibutuhkan untuk menyimpan
sejumlah data.
2.
Jenis Representasi Data
Representasi
eksternal adalah
suatu cara untuk merepresentasikan dan memanipulasi informasi oleh programmmer
dengan suatu bahasa pemrograman atau notasi bahas perintah lainnya.
Representasi
Internal
Representasi
internal adalah suatu cara untuk menyimpan dan memanipulasi informasi secara
aktual di dalam sistem komputer.
3. Penyajian
Data
Data adalah
sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya
suatu pengolahan. Data bisa berwujud suatu keadaan, gambar, suara, huruf,
angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa digunakan
sebagai bahan untul melihat lingkungan, obyel, kejadian ataupun suatu konsep.
Informasi
merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi ataupun
perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu dan bisa digunakan
untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data bisa
dianggap senagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat bagi
penerimanya.
Secara
umum, data yang dimasukkan seorang user
ke dalam komputer diklasifikasikan menjadi tiga kelompok, yaitu:
1. Angka
atau disebut dengan alpha numerik
2. Karakter
atau disebut dengan alphabetikal
3. Simbol
atau tanda selain angal dan karakter
4.Hierarki
Penyajian data
1.
Bit
Merupakan suatu sistem angka biner yang terdiri atas
dua nilai, 0 dan 1. Sistem biner merupakan bahasa dasar yang digunakan untuk
komunikasi antara manusia dan komputer.
2.
Byte/Character
Merupakan
satuan data paling kecil. Karakter bisa berbentuk huruf, angka ataupun
berbentuk tanda baca/simbol.
3.Field
Merupakan
kumpulan dari karakter-karakter yang membentuk suatu arti tertentu. Misalnya,
field untuk Nomor Induk Mahasiswa, Nama Mahasiswa, Mata Kuliah.
4.Record
Merupakan
kumpulan dari field-field yang membentuk sebuah arti. Misalkan kumpulan field
Nomor Induk Mahasiswa, Nama Mahasiswa dan Mata Kuliah yang akhirnya membentuk
sebuah record.
5.File
Merupakan
kumpulan dari record-record yang membentuk suatu struktur data dan informasi.
6.
Database
Merupakan
kumpulan file-file yang berhubungan secara logis dan digunakan secara rutin
pada operasi-operasi sistem informasi manajemen.
5.Sistem
Bilangan
Pada sistem
komputer modern, sebuah data direpresentasikan dalam beberapa baris bilangan,
yaitu Biner, Desimal, Oktal, dan Hexadesimal. Sehingga dibutuhkan sebuah blok
decorder agar data-data yang telah diolah dan diproses oleh suatu
sistemkomputer disajikan dalam bentuk yang dipahamu oleh user.
6.Skema
Representasi Data
Setiap
sistem bilangan memiliki Absolute Value dan Position Value. Absolute Value
adalah nilai mutlak dari masing-masing digit bilangan. Position Value adalah
nilai penimbang atau bobot dari masing-masing digit bilangan tergantung dari
letak posisinya yaitu benilai basis dipangkatkan dengan urutan posisinya.
1.Bilangan
Desimal
Sisterm
bilangan yang menggunakan basis 10 dan menggunakan 10 macam simbol, yaitu 0-9. Notasinya
yaitu(n)10. Contoh bilangan desimal adalah 859810.
2.Bilangan
Biner
Sistem
bilangan yang menggunakan basis 2 dan terdiri dari 2 simbol, 0 dan 1. Bilangan biner
ini dipopulerkan oleh John Von Neumann. Notasinya (n)2. Contoh bilangan
biner adalah 10012.
3.Bilangan
Oktal
Sistem
bilangan yang menggunakan basis 8 dan teriri dari 8 simbol, 0-7. Notasinya yaitu
(n)8. Contoh bilangan oktal adalah 10228.
4.Bilangan
Hexadesimal
Sistem
bilangan ini menggunakan basis 16 dan terdiri dari 16 simbol: 0, 1, 2, 3, 4, 5,
6, 7, 8, 9, 10(A), 11(B), 12(C), 13(D), 14(E), 15(F). Pada sistem bilangan ini
memadukan unsur huruf dan angka. Notasinya yaitu (n)16. Contoh bilangan
hexadesimal adalah F3D416.
- Get link
- X
- Other Apps
Comments
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteBermanfaat ilmunya gan ,...
ReplyDeleteSilakan mampir ke blog ane,...