latihan codepolitan

Ruang Lingkup Ilmu Komputer

Pengantar Teknik Informatika Pertemuan Pertama


1. Overview Digital World

Di  zaman  ini  teknologi  digital  semakin  berkembang  pesat  beberapa penyampaian  informasi  tak lagi  melalui  media  cetak,  namun  berangsur bergeser  pada  penggunaan  media  elektronik  di berbagai  bidang  dan  aspek kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh penggunaan media elektronik adalah penyampaian  informasi  dan  media  promosi,  dapat  dilihat  di  pusat perbelanjaan,  instansi pemerintah  maupun  tempat  pelayanan  masyarakat.

Teknologi  digital  yang sekarang sedang berkembang adalah  Digital Signage. Digital  Signage merupakan  aplikasi  pengelola  konten  digital  yang  telah diprogram  untuk  dapat  menampilkan informasi  atau  pesan  kepada  target audien secara efektif, cepat, tepat dan handal. Dengan sistem yang terdiri dari komposisi  server  atau  Personal  Computer  (PC),  monitor,  dan  software menjadikan  Digital  Signage  ini  menjadi  lebih  efisien  dalam  segi  tenaga, waktu dan biaya.

2. Pemahaman Computing Dicipline

Pemahaman tentang disiplin computer yaitu disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan computer yang meliputi perancang, evaluasi, dan implementasi antar muka pengguna computer agar mudah digunakan oleh manusia.

3. Disiplin Ilmu Komputer

Secara singkat Computing Curricula 2005 mendeskripsikan disiplin computing sebagai berikut :

1. Computer Engginering (CE)

Memfokuskan pada desain dan konstruksi komputer dan sistem berbasis komputer. Didalamnya meliputi studi tentang hardware, software, komunikasi, dan interaksi antar bagian tersebut. Mahasiswa CE mempelajari desain dari sistem hardware digital yang meliputi sistem komunikasi, komputer, dan peralatan yang memuat komputer.

2. Computer Science (CS)

Mempelajari mulai dari teori-teori terkait dengan computing dan dasar algoritma sampai kepada pengembangan robotik, computer vision, intelligence system, bio-informatika dan hal-hal lainnya. ilmuwan komputer terbagi dalam tiga kategori yaitu desain dan implementasi software, merancang cara baru penggunaan komputer, serta mengembangkan cara untuk menyelesaikan permasalahan computing.

3. Information System (IS)

Mengintegrasikan solusi teknologi informasi dan proses bisnis untuk memenuhi kebutuhan informasi bisnis sehingga tujuan bisnis dapat tercapai secara efektif dan efisien. Spesialis IS memegang peranan dalam menentukan kebutuhan sistem informasi bagi organisasi.


4. Information Technology (IT)

Berperan dalam menentukan bagaimana sebuah sistem di sebuah institusi sudah tepat keberadaannya, berfungsi sesuai harapan, mudah dalam pengaturan operasional, serta aman. Spesialis IT mempunyai tugas untuk memelihara infrastruktur teknologi informasi sebuah organisasi dan orang-orang yang menggunakannya. Termasuk di dalamnya memilih produk hardware dan software yang sesuai bagi organisasi, serta mengintegrasikan produk tersebut pada kebutuhan organisasi.


5. Software Engineering (SE)

Merupakan disiplin yang merancang dan memelihara sistem software secara handal, efisien, efektif, serta mudah dikembangkan dan dapat memenuhi kebutuhan dari pengguna.
Dengan demikian dari Computing Curricula 2005 kita mendapatkan gambaran yang jelas mengenai disiplin ilmu computing, tentang karakteristik dan kekhususan masing-masing ilmu computing yang berkembang saat ini.

4. Teknik informatika 

Merupakan disiplin ilmu yang menginduk pada ilmu komputer, yang pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. 

Ilmu komputer (bahasa Inggris: Computer Science), secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisa abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, termasuk perangkat keras. Sebagai suatu disiplin ilmu, Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak (software), sementara teknik komputer lebih cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware). Namun demikian, kedua istilah tersebut sering disalah-artikan oleh banyak orang.

Ilmu komputer berakar dari elektronika, matematika dan linguistik. Dalam tiga dekade terakhir dari abad 20, ilmu komputer telah menjadi suatu disiplin ilmu baru dan telah mengembangkan metode dan istilah sendiri.

Departemen ilmu komputer pertama didirikan di Universitas Purdue pada tahun 1962. Hampir semua universitas sekarang mempunyai departemen ilmu komputer.

Penghargaan tertinggi dalam ilmu komputer adalah Turing Award, pemenang penghargaan ini adalah semua pionir di bidangnya.

5. Pengertian Informatika

(Inggris: Informatics) mencakup struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.
      Sedangkan bidang ilmu yang termasuk dalam informatika meliputi beberapa macam, termasuk di dalamnya: ilmu komputer, ilmu informasi, sistem informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen. Aspek dari informatika sebenarnya lebih luas dari sekedar sistem informasi berbasis komputer saja, karena masih banyak informasi yang tidak dan belum diproses dengan komputer, yang dapat dimasukkan di dalam aspek dari informatika ini.
        Informatika mempunyai konsep dasar, teori, dan perkembangan aplikasi tersendiri. Informatika dapat mendukung dan berkaitan dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk tentang pengaruh serta akibat sosial dari teknologi informasi pada umumnya. Penggunaan informasi dalam beberapa macam bidang, seperti bioinformatika, informatika medis, dan informasi yang mendukung ilmu perpustakaan, merupakan beberapa contoh yang lain dari bidang informatika.

6. Klasifikasi Informatika

§Algoritma dan Struktur Data
§Arsitektur
§Software Engineering
§Artificial Intelligence dan Robotik
§Human Computer Interaction
§Organization Infrmatics


Comments