latihan codepolitan

Informatika dan Bidang Lain dalam Computing Dicipline

Pengantar Teknik Informatika Pertemuan Kedua

1. COMPUTER ENGINEERING

Teknik computer (atau dalam bahasa inggris computer engineering) adalah suatu disiplin khusus yang mengkombinasikan teknik elektro dan ilmu komputer. Seorang teknisi komputer adalah teknisi elektro arus lemah yang lebih berfokus pada sistem sistem sirkuit digital, sistem komunikasi data pada frekuensi radio, dan elektronika sebagai bagian dari komputer secara menyuluruh. Dari kacamata ilmu komputer, seorang teknisi komputer adalah seorang arsitek perangkat lunak yang mamiliki fokus pada interaksi antara perangkat lunak dan program serta komponen perangkat keras pendukungnya.
Bidang kajian yang ditekankan pada Teknik Komputer adalah berkenaan dengan pemanfaatan sistem komputer sebagai kontrol otomasi, bagian dari sistem jaringan, perbandingan teknologi perangkat keras, trade-off dalam rancangan perangkat keras dan perangkat lunak, dampak perubahan teknologi terhadap feasibilitas, interaksi antar sistem arsitektur, rancangan sistem perangkat keras maupun lunak, hingga simulasi sistem komputer dipandang sebagai bagian dari infrastruktur suatu organisasi. Dalam teknik komputer, kita dipersiapkan untuk memiliki keahlian seperti :

1.   Pemrograman Komputer
2.   Sistem Jaringan Komputer
3.   E-commerce
4.   Desain & Animasi Web
5.   Aplikasi Client Server
6.   E-commerce dan Internet
7.   Analisis dan Desain Bisnis


2. Computer Science

Berdasarkan “Computing Curricula 2005” yang dikeluar oleh sebuah gugus tugas yang terdiri dari The Association of Computing Machnery (ACM), The Assocation of Information Sustem (AIS), The Computer Society (IEEE-CS), membagi disiplin ilmu computer menjadi Computer Engineering (CE), Computer Science (CS), Information System (IS), Information Technology (IT) dan Software Engineering (SE).

3. Information System

Adalah suatu system yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan opersional perusahaan, dimana system tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang terorganisasi.

4. Information Technology

Teknologi informasi menggantikan peran manusia yaitu otomatis terhadap suatu tugas atau proses. Teknologi memperkuat peran manusia yakni menyajikan informasi terhadap suatu tugas atau proses. Teknologi informasi berperan dalam restrukturisasi peran manusia dalam hal teknologi berperan dalam melakukan perubahan-perubahanterhadap sekumpulan tugas atau proses.

5. Software Engineering

Suatu disiplin ilmu yang membahasa semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, disain, pengkodean/coding, pengujian/testing, sampai pemeliharaan system setelah digunakan.


Comments