latihan codepolitan

Sejarah dan Perkembangan Informatika

Pengantar Teknik Informatika Pertemuan Ketiga


1. Sejarah Teknologi Komputer

"Perkembangan komputer dari masa ke masa mengalami perubahan, baik dari ukuran fisik maupun ukuran fisik maupun ukuran memori, kemampuan menerima data, memproses data dan menghasilkan informasi."

Pada awal komputer generasi pertama, komputer diciptakan hanya sebagai alat untuk mempermudah dalam perhitungan, dengan kata lain komputer hanya sebagai mesin hitung matematika. Beberapa tahun kemudian John V. Atansoff dengan komputer rancangannya Atanasoff-Berry Computer (ABC) pada tahun 1937 resmi menjadi komputer elektronik pertama.


Komputer Generasi Pertama

Disebut sebagai komputer dinosaurus karena ukurannya yang relatif besar. Hanya para ahli yang dapat menggunakan komputer ini, karena sangat sulit dan daya komputesinya sangatah lambat.
Ciri-ciri komputer pada generasi pertama adalah sebagai berikut :
  • Komponen elektronikanya dari Tabung Hampa
  • Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language)
Sifat-Sifatnya :

  • Ukurannya besar dan memerlukan tempat yang sangat luas
  • Memerlukan banyak Pendingin, karena banyak mengekuarkan panas
  • Prosesnya relatif lambat
  • Kapasitas untuk penyimpanan data kecil
  • Komputer generasi pertama berawal dari tahun 1942 hingga tahun 1959

Komputer Generasi Kedua

Komputer generasi kedua ini ukurannya lebih kecil dari komputer generasi pertama, yaitu kira-kira seukuran lemari.

Ciri-ciri komputer generasi kedua adalah sebagai berikut :

  • Komponen elektronikanya dari Transistor
  • Program dibuat dengan Assembly Language
  • Common Business-Oriented Language (COBOL) dan 
  • Formula Translator (FORTRAN) dan ALGOL
Sifat-Sifatnya :
  • Ukuran relatif kecil
  • Tidak banyak mengeluarkan panas
  • Prosesnya relatif lebih cepat
  • Kapasitas untu menyimpan data semakin besar

Komputer Generasi Ketiga

Komputer generasi ketiga merupakan perkembangan yang paling pesat dari perkembangan komputer yang ada.

Ciri-ciri komputer generasi ketiga adalah sebagai berikut :
  • Komponen elektronikanya dari Integrated Circuit (IC) yang berbentuk lempengan atau chip 
  • Program dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (High Level Language), yaitu: BASIC, FORTRAN, COBOL
  • Dapat berkomunikasi dengan peralatan lain untuk komunikasi data seperti telepon dengan komputer
Sifat- sifatnya:
  • Ukurannya lebih kecil dari komputer generasi kedua 
  • Mulai mengenal Multi Programming dan Multi Processing
  • Adanya integrasi antara Software dan Hardware dalam Sistem Operasi 
  • Prosesnya sangat cepat
  • Kapasitas untuk menyimpan data lebih besar 

Komputer Generasi Keempat

Komputer generasi keempat adalah komputer yang kita temui pada saat ini, komputer dengan komponen elektriknya menggunakan mikrochip

Ciri-ciri komputer generasi keempat adalah sebagai berikut :
  • Komponen elektroniknya dari miniaturisasi yang disebut LSI dan mulai memperkenalkan VLSI (Verry Large Scale Integration).
  • Mulai dikembangkan suatu jaringan komputer lokal yang menggunakan ARCNET (Attach Research Computing Network)
  • Program dibuat dengan bahasa : BASIC, FORTRAN, COBOL, PASCAL
Sifat-Sifatnya:
  • Ukurannya relatif lebih kecil
  • Sudah menerapkan Multi Programming dan Multi Processing 
  • Mengenal Data Base Management System (DBMS).

Komputer Generasi Kelima

Komputer generasi kelima adalah komputer yang telah memiliki Artificial Intelligence (AI). Sehingga komputer di masa depan dapat memberikan respon atas keinginan manusia.

Ciri-ciri komputer generasi kelima adalah sebagai berikut :
  • Komponen generasi ini masih dalam tahap pengembangan dan pemakainya belum banyak 
  • Komponen elektronikanya menggunakan bentuk paling baru dari chip VLSI
  • Program dibuat dalam bahasa PROLOG (Programming Logic ) dan LISP (List Processor)
  • Komputer generasi kelima difokuskan kepada AI (Artificial Intelligence/ Kecerdasan Buatan)
Sifat-Sifatnya:

  • Dapat membantu menyusun program untuk dirinya sendiri
  • Dapat menerjemahkan dari suatu bahasa ke bahasa lain
  • Dapat membuat pertimbangan-pertimbangan logis

2. Fungsi Komputer


1. Komputer Sebagai Sarana Mempermudah Pekerjaan

Dulu orang mengetik surat harus dengan mesin tik, dan jika ada kesalahan maka kertas tersebut akan disobek dan diketik ulang kembali, selain itu dengan mesin tik dokumen yang telah diketik tidak dapat di edit kembali, sementara dengan menggunakan komputer kita dapat mengetik dokumen, mengedit, dan menyimpan dokumen tersebut untuk dapat diedit berulang-ulang.


2. Komputer Sebagai Alat Komunikasi

Zaman dulu bila kita berkomunikasi dengan seseorang yang berada jauh dari kita, kita dapat menggunakan fasilitas telepon, tapi kita hanya mendengar suara teman atau saudara kita. Dengan komputer kita dapat berbicara dengan teman atau saudara kita, sambil bicara kita dapat melihat mereka menggunakan Webcam

  • Dapat menuliskan kata-kata kepada mereka(Chatting)
  • Juga kita dapat menulis surat kepada mereka (Email)
  • Kita dapat mengirim gambar atau file kepada mereka
  • Bertatap muka (Video Call)

3. Komputer Sebagai Alat Hiburan


  • Mendengar lagu-lagu atau musik
  • Menonton Video
  • Menonton Film 
  • Bermain Game

4. Komputer Sebagai Sarana Usaha


  • Membuat Rental Komputer 
  • Membuat Warnet 
  • Membat Usaha Percetakan 
  • Membuat Usaha Video Editing
  • Membuat Usaha Ringtone dan Wallpaper ke HP
  • Membuka Usaha Sablon 
  • Membuka Usaha Service dan Install Komputer Software
  • Membuka Usaha Desain Arsitektur
  • Membuka Usaha Desain Grafis Untuk Periklanan 
  • Membuka Usaha Desain Website
  • Membuka Usaha Programmer Acounting dan Keuangan 
  • Membuka Usaha Kursus Komputer 
  • Membuka Jasa Website sebagai Media Informasi, dll.

5. Komputer Sebagai Sarana Informasi


  • Informasi Pendidikan, Tempat-Tempat Pendidikan 
  • Informasi Hiburan, Mencari Tempat-Tempat Hiburan
  • Informasi Travel, Mencari dan Memesan Tiket Transportasi 
  • Informasi Produk, Mencari Produk yang Kita Inginkan
  • Informasi Pekerjaan, Mencari Lowongan Kerja
  • Informasi Berita 
  • Informasi Cuaca, Mengetahui Keadaan Cuaca Saat Ini
  • Informasi Kesehatan 
  • Informasi Politik
  • Informasi Perdagangan
  • Informasi Usaha, Mencari Peluang Untuk Membuka Usaha

6. Komputer Sebagai Sarana Pendidikan


  • TIK
  • Belajar Editing Foto
  • Belajar Editing Video
  • Menjadi Alat Untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer/CBT

3. Dampak Sosial Perkembangan Komputer


Dampak Positif:

Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis.

Bahkan perubahan perilaku kearah perilaku sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol.

  • Meningkatnya rasa percaya diri. Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
  • Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras. 

Dampak Negatif


  1. Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya dikalangan remaja dan pelajar
  2. Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat
  3. Pola interaksi antar manusia yang berubah kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga

4. Perkembangan Interaksi Komputer 


Sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu " tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang menggunakan antarmuka (interface)."

Untuk membuat media interaksi manusia dan komputer yang lebih baik maka harus mempelajari dan memahami bidang keilmuan lain, yaitu:

  1. Teknik elektronika dan ilmu = berhubungan dengan perangkat keras untuk merancang sistem interaksi manusia dan komputer.
  2. Psikologi = memahami bagaimana pengguna dapat menggunakan sifat dan kebiasaan baiknya agar dapat menjodohkan mesin dengan manusia sehingga dapat bekerjasama.
  3. Perancangan grafis dan tipografi = memanfaatkna gambar sebagai sarana dialog yang cukup efektif antara manusia dan komputer.
  4. Ergonomik = berhubungan dengan aspek-aspek fisik untuk  mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman ketika berinteraksi dengan komputer
  5. Antropologi = pandangan mendalam tentang cara kerja berkelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan memberikan kontribusi teknologi.
  6. Linguistik = bahasa merupakan sarana komunikasi yang akan mengarahkan pengguna ketika ia berinteraksi dengan komputer.
  7. Sosiologi = berkaitan dengan studi tentang pengaruh sistem manusia dengan komputer dalam struktur sosial. Misal: Dampak komputerisasi terhadap keberadaan seorang user di sebuah perusahaan.

Comments