latihan codepolitan

Hardware Basic: Prosesor, memori dan secondary storage

Pengantar Teknik Informatika Pertemuan Kelima



A. Sejarah Singkat Perkembangan Processor

Mikroprosesor yang pertama kali diciptakan adalah intel 4004 pda tahun 1971. Prosesorini sangat sederhana hanya bisa untuk operasi sebesar 4 bit per detik. Aplikasi prosesor iniuntuk menyusun kalkulator elektronik portable.Pada tahun 1974, prosesor intel 8080 pertama kali dipergunakan untuk komputerrumah. PC yang dikenal saat ini diperkenalkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1982 dengannama IBM PC, menggunakan mikroprosesor intel 8088 yang sebenarnya telah diperkenalkanpada tahun 1979.

B. Jenis Processor

Processor : merupakan inti Komputer dimana semua eksekusi program dijalankan olehnya. Nama lainnya CPU atau Central Processing Unit, atau disebut pula otak Komputer, Chip Utama, Core, dll.

Ada 2 Pabrikan yang ternama didalam memproduksi CPU kelas Desktop PC dan SERVER. Yaitu : Intel Corporation dan AMD (Advanced Micro Device), kedua produsen ini sama-sama berpusat di Amerika Serikat dan keduanya pun bersaing ketat dalam hal teknologi CPU dan Harga.

Namun, Intel dalam banyak hal lebih dikenal secara umum oleh masyarakat dan dipakai hampir 80% pengguna Komputer diseluruh dunia, wajar saja jika kita akan lebih mudah mencari bekasan produk-produk berbasis Intel ketimbang produk berbasis AMD.

Ada pun AMD hingga saat ini lebih mengandalkan harga yang murah untuk menarik peminat Komputersedangkan mutu rata-rata masih dibawa intel secara teknologi maupun kemampuan kerja. Akan tetapi disinilah keunggulan AMD dimana ia senantiasa menawarkan solusi murah bagi anda yang menginginkan kinerja yang kuat dan cepat.

Produk – Produk Intel :

1. Intel Pentium : Ini merupakan produk processor yang paling popular. Umurnya paling panjang karena hingga kini masih diproduksi. Dimulai dari Pentium, Pentium MMX, Pentium II, Pentium III, dan Pentium 4.

2. Intel Celeron : ini merupkan saudara dari Pentium dengan spesifikasi rendah dan harga yang lebih murah. Celeron dibuat sebagai solusi murah bagi mereka yang kurang mampu membeli jajaran processor Pentium yang Mahal. Jika Pentium orientasi ke pengguna kelas menengah keatas dimana bisaanya digunakan untuk bisnis sedangkan Celeron di peruntukkan kelas bawah dimana Komputer hanya dimaksudkan untuk pelengkap hiburan rumah tangga.

3. Intel Pentium Dual Core atau Core Duo : cpu ini masih dalam kategori Pentium generasi baru dimana inti core-nya dipecah menjadi memiliki kemampuan kerja ganda. Walaupun secara fisik terlihat 1 inti chip namun secara kemampuan iabisa menjalankan 2 intruksi sekaligus dalam satu waktu.

4. Intel Core 2 Duo : ini merupakan pengembangan dari Dual core dimana unit core didalam cpu dibuat benar-benar terpisah menjadi 2 Core dan mampu masing-masing mengerjakan intruksi per-core-nya dalam satu waktu. Jika dual core satu inti dengan 2 kemampuan kerja maka core 2 duo benar-benar memiliki 2 inti yang bisa mengerjakan 1 pekerjaan per corenya dan lebih kuat kerjanya.

5. Intel Core 2 Quad : ini CPU yang menggabungkan antara Dual core dengan Core 2 Duo, sehingga dalam satu chip memiliki 2 inti core dan masing-masing inti memiliki 2 kemampuan kerja. Nah, jadinya core 2 quad ini terlihat seperti memiliki 4 core yang bisa mengerjakan 4 intruksi sekaligus dalam 1 waktu.

6. Intel Core i7 : Ini merupakan generasi mutakhir dari Intel dengan segudang fitur dan kemampuan yang banyak. Selain menawarkan jumlah core dan treadhing yang banyak serta kecepatan yang tinggi, CPU ini juga sudah dibenamkan integrated VGA Intel HD, Chipset, Smart Cache, Smart hyperthreading, turboboost, dual atau triple cannel Memory, dll.

7. Intel Core i5 : ini merupakan versi menengah dari keluarga cpu Core i series. Dengan kemampuan yang sedikit dikurangi, seperti jumlah thread atau corenya  dikurangi, sisanya dengan fitur yang sama kecuali unlock multiplier-nya yang dikunci pada core i5. Untuk tipenya samasaja dengan core i7 seperti Nehalem, sandybridge, dan Ivybridge.

8. Intel Core i3 : nah, processor kelas murah dengan kemampuan Core i series. Harganya setara dengan core 2 duo atau core 2 quad (satu jutaan). Spesifikasinya kurang lebih sama dengan Core i5, hanya saja tanpa Turbo boost dan beberapa fitur dihilangkan.

9. Intel Xeon : CPU ini bisaa dipakai untuk Komputer dengan spesifikasi SERVER. Kemampuan multitasking-nya tentu berbeda dengan cpu desktop PC. Tapi secara umum spesifikasi dari Xeon sama dengan Core i7 untuk saat ini. Bisaanya Xeon di jual paket dengan motherboard Servernya.

10. Intel Atom : CPU ini dikhususkan untuk Komputer hemat listrik. Bisaanya digunakan untuk Komputer Netbook atau Nettop (Desktop mungil). Kemampuan kerja setara dengan Pentium 4 awal. Batere bisa bertahan 6 s. d 10 jam dengan cpu intel atom sedangkan dengan cpu standar missal core i3 Cuma bertahan 3 – 5 jam saja dengan kapasitas batere yang sama.


Berikut ini adalah beberapa processor paling tinggi yang digunakan saat ini, yang dikeluarkan oleh AMD dan Intel dimulai dari yang terendah spesifikasinya:

1. Intel Celeron G1820

Merupakan salah satu processor basic besutan Intel, dengan fitur yang standar dan juga memiliki harga yang tidak menguras kantong anda. Berikut ini merupakan spesifikasi dari Intel Celeron G1820:

· Kecepatan : 2.8 GHz
· Core / Inti : 2 (dual core)
· GPU : Intel HD Graphic
· Ram : Dual Channel

2. AMD FX-6300

Pesaing Intel, yaitu AMD mulai membuat tandingan dari Intel i3, yaitu AMD FX – 6300. Processor ini merupakan salah satu alternative pilihan dari Intel i3, dengan spesifikasi:

• Kecepatan : 3.5 – 4.1 GHz
• Core / Inti : 6
• GPU : –
• Ram : Dual Channel

Untuk processor AMD A10-7850K (APU) ini memiliki keunggulan dengan harga yang cenderung lebih rendah dibandingkan dengan processor Intel i3, processor ini memiliki performa yang tidak kalah dengan Intel i3.

Namun demikian, untuk keperluan gaming sepertinya AMD memang harus mengakui keunggulan dari processor Intel i3 meskipun hanya memiliki perbedaan yang tipis, untuk masalah gaming processor Intel lebih unggul dari AMD. Meski begitu processor ini juga tidak kalah hebatnya dengan processor lainnya yang juga di lengkapi dengan RAM komputer yang mendukung prangkat keras ini bekerja secara sempurna.

3. AMD A8-7600

AMD A8-7600 merupakan processor tercepat berikutnya. Berikut ini adalah spesifikasi dari AMD A8-7600:

• Kecepatan : 3.1 – 3.8 GHz
• Core / Inti : 4
• GPU : 384 GPU
• Ram : Dual Channel

Merupakan processor keluaran AMD yang memiliki dua keunggulan, dibandingkan dengan Intel i3. Keunggulan dari processor AMD A8-7600 ini adalah konsumsi listrik yang lebih hemat dan memiliki GPU yang terintegrasi dan memiliki performance yang lebih baik.

Bagi anda yang menginginkan PC atau laptop gaming, dengan processor yang handal namun berharga murah, maka anda dapat memilih untuk menggunakan AMD A8-7600 ini dibandingkan dengan Intel i3.

4. AMD A10-7850K (APU)

APU atau CPU dan juga GPU yang terintegrasi di dalam satu processor dengan kualitas dan juga kecepatan yang cukup tinggi merupakan salah satu keunggulan dari AMD A10-7850K. Berikut ini adalah spesifikasi dari AMD A10-7850K:

• Kecepatan : 3.7 GHz
• Core / Inti : 4
• GPU : ATI Radeon
• Ram : Dual Channel

Processor AMD A10-7850K ini memiliki performa dan kualitas yang baik, sehingga cocok untuk PC Gaming ataupun design dengan budget menengah atau mid end.

Processor ini juga memiliki fitur turbo, dan mudah untuk dilakukan overclock, sehingga kecepatan processor menjadi lebih cepat dan lebih baik dari sebelumnya. Dengan pelengkap kapasitas RAM terbesar saat ini tentunya akan mampu memberikan kinerja processor secara optimal bagi user, disertai kecepatan yang tinggi dirasa processor ini bukanlah masalah yang sulit.

5. AMD FX-8320

Masih dari AMD, processor lainnya bernama AMD FX-8320. Berikut ini adalah spesifikasi dari AMD FX-8320 :

• Kecepatan : 3.5 GHz
• Core / Inti : 8
• GPU : –
• Ram : Dual Channel

Merupakan salah satu best seller dai processor milik AMD untuk keperluan gaming dan juga design. Memiliki performa yang tinggi dan juga dengan harga kelas menengah yang bersahabat. Bagi anda pecinta game dan juga design, namun dengan budget kelas menengah, anda dapat mencoba processor ini.

Namun demikian, AMD FX-8320 ini memiliki konsumsi listrik yang cukup tinggi, sehingga kurang cocok untuk menjadi server, karena akan membengkakkan tagihan listrik rumah anda.


6. Intel Core i5 – 4590K

Kembali ke Intel, kali ini ada Intel core i5. Saat ini sudah banyak laptop yang menggunakan intel core i5, yang memiliki spesifikasi sebagai berikut:

• Kecepatan : 3.3 GHz
• Core / Inti : 4
• GPU : Intel HD Graphic
• Ram : Dual Channel

Processor ini merupakan pilihan tepat bagi anda yang sudah biasa memegang komputer. Performa yang baik dan juga kecepatan yang mumpuni membuat processor ini sangat ideal untuk user yang membutuhkan PC atau komputer yang dapat menghandle game-game kelas menengah, dengan sempurna.

Namun, bagi anda yang hobi mengutak-atik, maka processor ini tidak cocok untuk anda, karena memiliki fitur locke, yang artinya anda tidak bisa melakukan overclock untuk mempercepat kinerja CPU anda.

7. Intel Core i7 – 4790K

Processor Inter Core i7 – 4790K ini merupakan salah satu processor teranyar dari Intel dengan performa yang cukup tinggi. Tentu saja processor ini merupakan salah satu processor tercepat yang pernah dibuat oleh intel. Berikut adalah spesifikasi lengkap dari processor Intel Core i7:

• Bus Speed : 5 GT/s DMI
• Processpr Core : Devil’s Canyon
• Core Stepping : C0 (QG81, SR219)
• GPU Type : HD 4600

Dengan kemampuan yang sangat mengagumkan, processor ini sangat cocok bagi para user yang senang bermain games dengan spek yang tinggi, serta bagi anda yang sering melakukan desain dan juga editing video, ataupun foto, serta 3D graphic.

Processor ini cukup handal dalam menjalankan program dalam sebuha komputer tanpa keluhan dan tentunya dengan membuka berbagai macam aplikasi dalam satu klik saja.

8. Intel i7 – 5960X

Merupakan processor tercepat saat ini, yang memiliki kecepatan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan i7 – 4790K. Berikut adalah spesifikasi dari Intel i7-5960 X:

• Bus Speed : 5 GT/s DMI
• Core / Inti : 8
• Core Stepping : M0 (QFRA) – R2 (SR20Q)
• RAM : Hynix DDR4-2133C15 4×4 GB (16GB Total)

Pilihan sempurna bagi para user yang memang membutuhkan PC atau komputer dengan spesifikasi menawan dan ganas. Processor Intel i7-5960X ini cukup mampu memberikan kepuasan bagi user yang memang memiliki kinerja yang cukup membuat CPU bekerja lebih keras.

Dan juga dengan kemampuan yang di miliki oleh processor ini tidak akan membuat dampak pengaruh CPU usage 100% yang berbahaya untuk komputer anda. Kemampuan yang cukup canggih ini menjadikan Intel i7 – 5960 X sebagai processor terbaik saat ini.

Meskipun memiliki performa terbaik dan tercepat, namun processor ini memiliki konsumsi listrik yang ringan. Faktanya, Intel belum memiliki saingan terhadap processor terbaiknya sejauh ini.

C. Multiprocessor

Sistem multiprosesor adalah, suatu sistem dengan lebih dari satu CPU yang memiliki sebuah memori bersama, seperti sekelompok orang dalam suatu ruangan yang memili papan tulis bersama. Karena setiap CPU dapat membaca atau menulis bagian apa saja dari memori, mereka harus berkoordinasi (dalam software) agar tidak saling berebut jalurnya masing -masing.

Berbagai skema implementasi dapat dilaksanakan. Salah satu skema paling sederhana adalah memiliki sebuah bus tunggal dengan banyak CPU dan satu memori yang seluruhnya dipasang ke dalam bus tersebut.

a) Multiprosesor memiliki keunggulan dibanding jenis - jenis komputer parallelyaitu:

Peningkatan throughput, karena lebih banyak proses / thread yang berjalan dalam satu waktu sekaligus (jika proses yang antri di ready queue sedikit). Perlu diingat hal ini tidak berarti daya komputasinya menjadi meningkat sejumlah prosesornya. Yang meningkat ialah jumlah pekerjaan yang bisa dilakukannya dalam waktu tertentu.

b)  Economy of scale (ekonomis), ekonomis dalam devices yang dibagi bersama – sama. 

Prosesor - prosesor terdapat dalam satu komputer dan dapat membagi peripheral (ekonomis) seperti disk dan catu daya listrik.

c) Peningkatan kehandalan (reliabilitas), 

Jika satu prosesor mengalami suatu gangguan, maka proses yang terjadi masih dapat berjalan dengan baik karena tugas prosesor yang terganggu diambil alih oleh prosesor lain. Hal ini dikenal dengan istilah Graceful Degradation. Sistemnya sendiri dikenal bersifat fault tolerant atau failoft system

d) Karakteristik Media Penyimpanan

1) Location

Lokasi adalah dimana letak memori tersebut, biasanya terdapat dua tempat yaitu didalam (Internal) atau diluar (Eksternal) komputer, untuk yang didalam komputer kadang sering disamakan sebagai main memori, padahal ada bentuk memori yang lain. Contohnya processor memiliki register memori dan ada juga yang disebut chace memori. Untuk yang eksternal memori, yaitu suatu media yang pengaksesannya memerlukan proses I/O seperti disk atau tape.

2) Capacity

Kapasitas adalah sebuah karakteristik nyata dari memori. Biasanya kapasitas internal memori dituliskan dalam bytes (1 byte = 8 bits) atau instruksi. Umunya panjang instruksi adalah 8, 16, dan 32 bits. Sedangkan eksternal memori biasa di tuliskan dalam byte.

3) Unit of Transfer

Untuk internal memori, Unit Of Transfer sama dengan jumlah baris data yang keluar  masuk ruang memori dalam satu waktu.

4) Access Method

· Sequential Access : memori diorganisasikan dalam unit-unit data yang disebut record. Pengaksesannya harus dibuat secara linear berurutan. Setiap data diberikan indeks alamat untuk memisahkan setiap record dan agar memudahkan pengaksesan kembali data. Dengan metode akses ini akan membutuhkan waktu yang lama untuk mengakses suatu data karena pencarian data dilakukan secara satu-persatu. Contohnya tape memori.

· Direct Access : berbeda dengan Sequential Access pada metode ini, setiap blok record diberikan alamat khusus dalam memori. Untuk mengakses suatu data, kita langsung dapat mengetahui tempat data tersebut disimpan melalui alamat khusus. Sehingga proses pembacaan data cepat. Contohnya disk memori.

· Random Access : setiap data diberikan lokasi pengalamatan khusus dan ditempatkan disembarang tempat pada memori. Sehingga data diakses secara acak dan langsung. Contohnya memori utama dan chace memori.

· Assosiative : ini adalah salah satu metode Random Access yang dapat membentuk instruksi penempatan data dan pencocokkan data sendiri, dan semua instruksi dijalankan bersamaan.Chace memori dapat menggunakan metode ini.

5) Performance

Ada tiga parameter Performance yang digunakan :

· Access Time : yaitu waktu yang ditempuh untuk melakukan proses baca tulis data.

· Memory Cycle Time : konsep ini adalah pokok yang direpkan pada Random Access, dan terdiri dari Access Time ditambah waktu proses yang dibutuhkan sebelum akses kedua dimulai. Memory Cycle Time berhubungan dengan sistem bus dan tak berhubungan dengan Processor.

· Transfer Rate : yaitu kecepatan mentransfer data masuk atau keluar unit memori. Untuk Random Access sama dengan 1 / (Cycle Time)

E. Chace Memory

Memori berkapasitas terbatas, berkecepatan tinggi yang lebih mahal daripada memori utama. Cache memory ini ada diantara Main Memory dan Register pemroses, berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu pada memori utama agar kinerja dapat ditingkatkan.

Chace memory terbagi menjadi dua yaitu :

1) Cache Memory yang terdapat pada internal Processor , chace memory jenis ini kecepatan aksesnya sangat tinggi, dan harganya sangat mahal. Hal ini bisa terlihat pada Processor yang berharga mahal seperti P4, P3, AMD-Athlon dll, semakin tinggi kapasitas L1, L2 Chace memori maka semakin mahal dan semakincepatProcessor.

2) Chace Memory yang terdapat diluar Processor, yaitu berada pada MotherBoard, memori jenis ini kecepatan aksesnya sangat tinggi, meskipun tidak secepat chache memori jenis pertama ( yang ada pada internal Processor). Semakin besar kapasitasnya maka semakin mahal dan cepat. Hal ini bisa kita lihat pada Motherboard dengan beraneka ragam kapasitas chace memory yaitu 256kb, 512kb, 1Mb, 2Mb dll.

· Main Memory

Media penyimpanan yang digunakan ketika data akan dioperasikan adalah Main Memory (Memori Utama). Umumnya mekanisasi pengoperaian data dilakukan di Main Memory. Walaupun Main Memory berukuran bermega-mega byte atau bergiga-giga byte, tetap saja Main Memory terlalu kecil untuk penyimpanan database. Selain itu Main Memory akan kehilangan data ketika listrik dimatikan atau ketika sistem crash (error).

· ROM (Read Only Memory)

ROM ( Read Only memory) yaitu memory yang hanya bisa dibaca saja datanya atau programnya. Pada PC, ROM terdapat pada BIOS ( Basic Input Output System) yang terdapat pada Mother Board yang berfungsi untuk men-setting peripheral yang ada pada system. Contoh: AMIBIOS, AWARD BIOS, dll

ROM untuk BIOS terdapat beragam jenis diantaranya jenis Flash EEPROM BIOS yang memiliki kemampuan untuk dapat diganti programnya dengan software yang disediakan oleh perusahhan pembuat Mother Board, yang umumnya penggantian tersebut untuk peningkatan unjuk kerja dari peripheral yang ada di Mother Board.

·  DRAM

DRAM (Dynamic RAM) yaitu salah satu tipe RAM yang menyimpan setiap bit data dalam sebuah Capasitor terpisah dalam sebuah IC (Integrated Circuit). Ketika Capasitor – Capasitor jarang di charge, maka dimungkinkan data yang ada pada Capasitor hilang, sehingga Capasitor harus dicharge (refresh) secara periodik. DRAM sangat berlawanan dengan SRAM (Static RAM) dan static memori lainnya. Keuntungan SRAM adalah struktur nya yang sederhana. Hanya satu Transistor dan satu Capasitor yang diperlukan per bit. Sehingga dibandingkan dengan SRAM, DRAM lebih padat. Karena DRAM akan kehilangan data ketika power listrik dimatikan maka DRAM termasuk Volatile Memory.

· SRAM

SRAM (Static RAM), sama halnya dengan DRAM atalah salah satu tipe dari RAM. Perbedaannya dengan DRAM adalah data yang disimpan dalam SRAM bersifat static, sehingga selama teraliri power listrik, maka data akan tetap utuh, berbeda dengan DRAM yang secara periodik harus di refreshq. Selain itu SRAM digunakan untuk Chace Memory (baikitu didalam maupun diluar chip), sedangkan DRAM digunakan untuk Main Memory, sehingga kecepatan SRAM lebih cepat dari DRAM.

· RAM (Random Acces Memory) yaitu memori yang memiliki kemampuan untuk dirubah data atau program yang tersimpan didalamnya.
FlashMemory

Flash memory juga dikenal sebagai EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory), flash memory berbeda dengan Main Memory dalam penyelamatan data. Flash Memory tak akan kehilangan data walaupun kehilangan power listrik sehingga digolongkan sebagai Unvolatile Memory. Pembacaan data dalam Flash Memory dibutuhkan waktu kurang dari 1 nanosecond (1/1000 microsecond), yang kira-kira secepat pembacaan data dari Main Memory. Bagaimanapun penulisan data ke Flash Memory lebih ruwet, data bisa ditulis sekali yang memakan waktu 4 – 10 microsecond, tapi tidak bisa dioverwrite secara langsung.

Untuk mengoverwrite data yang telah ada kita harus menghapus data tersebut lebih dulu, setelah itu data baru dapat dioverwrite. Kekurangan Flash Memory yaitu hanya dapat melakukan penghapusan ulang sekitar 10.000 sampai 1 juta kali. Flash Memory populer digunakan sebagai pengganti Magnetic Disk dalam menampung data yang berukuran tidak besar. Selain itu Flash Memory juga populer sebagai media penyimpanan untuk system computer sederhana, seperty HP, Camera Digital, dan media digital lainnya.

Magnetic Disk

Magnetic Disk memberikan media penyimpanan sekunder dalam jumlah besar. Kapasitas Disk selalu meningkat lebih dari 50% setiap tahunnya, namun kebutuhan media penyimpanan untuk aplikasi besarpun meningkat dengan cepat, dalam beberapa kasus kadang database yang besar membutuhkan ratusan disk untuk menampung data tersebut.

Data yang disimpan dalam disk dalam unit disebut Disk Block. Block Disk tersusun atas cincin yang konsentris yang disebut Track, dalam sebuah piringan atau lebih. Seset Track yang memiliki diameter sama disebut Cylinder. Setiap track terbagi atas lengkungan-lengkungan yang disebut Sector yang besarnya berdasarkan karakteristik disk dan tak bisa diubah, sedangkan ukuran Block dapat ditentukan ketika diinisialisasikan sebagai multiple sector.

Physical Characteristics of Disks

ØHeadMotion

ØFixed Head Disk : memiliki head untuk setiap track, sehingga computer dapat berpindah dari track ke track lain dengan cepat tanpa perlu memindahkan head. Namun dikarenakan banyaknya head sehingga membuat disk ini harganya sangat mahal.

ØMoveable Head Disk : berbeda dengan Fixed Head Disk, Moveable Head Disk hanya memiliki sebuah head, sehingga head harus bisa berada diatas track manapun. Karena hal ini sehingga lengan head dapat merentang dan kembali ke tujuan tertentu.

ØDisk Portability

ØNonremovable Disk : yaitu disk drive yang permanen, contohnya hardisk dalam sebuah PC adalah Nonremoveable Disk.

ØRemoveable Disk : yaitu disk yang dapat dipindahkan atau bisa diganti dengan disk yang lain. Floppy Disk dan ZIP Cartridge adalah contoh Removeable Disk.

ØSides

Single Sided :  lapisan magnetic berada pada kedua sisi piringan disk.
Double Sided : lapisan magnetic berada pada satu sisi piringan

ØPlatters

Single Platter : magnetic disk dengan satu piringan.

ØMultiple Platter

Magnetic disk dengan lebih dari satu piringan, yang tertumpuk secara vertikal. Untuk membaca disk ini diperlukan head dengan banyak lengan, tergantung banyaknya piringan disk, sehingga setiap piringan terdapat lengan head.

ØHead Mechanism

Contact (Floppy) : mekanisasi head yang ketika proses pembacaan dan penulisan data, head mengalami kontak dengan disk.

 Fixed Gap : head telah diletakkan dalam tempat yang tetap diatas piringan disk.

Aerodynamic Gap (Winchester) : Winchester head dirancang untuk beroperasi lebih dekat ke prmukaan disk dari pada yang selazimnya, sehingga menbentuk kepadatan data. Headnya biasanya merupakan Aerodinamic Foil yang ringan yang berada diatas permukaan piringan ketika disk berputar. Tekanan udara dari perputaran disk cukup membuat head terangkat ke atas permukaan piringan. Sehingga terbentuklah suatu sistem diama head berada dekat diatas permukaan piringan, namun tetap tidak melakukan kontak langsung.

Optical Disk

Optical Disk adalah media penyimpanan yang proses pembacaan dan penulisan menggunakan laser. Produk Optical Disk :

ØCD (Compact Disk), sebuah nonerasable disk yang menyimpan informasi audio digital. Standar sistemnya menggunakan 12-cm disk dan bisa merekam 60 menit waktu main.

ØCD-ROM (CD-Read Only Memory), sebuah nonerasable disk yang digunakan untuk menampung data komputer. Standar sistemnya menggunakan 12-cm disk dan dapat menampung data sebesar 640 megabyte.

ØCD-R (CD-Recordable), sama seperti CD-ROM, user hanya bisa menulis data sekali.

ØCD-RW(CD-Rewriteable), sama seperti CD-ROM, user dapat menghapus dan menulis ulang data berkali-kali.


A. Secondary Storage

Media penyimpanan data/storage adalah suatu alat yang di gunakan untuk menyimpan data – data yang di olah komputer, media penyimpanan/storage pada perkembangan teknilogi saat ini mengalami banyak perkembangan menjadi beberapa macam bentuk seperti:

– RAM
– Falshdisk
– Mmc (micro media card)
– Internal Hard disk
– External hard disk
– CD
– DVD
– Dll.

Pada tipe – tipe yang saya sebutkan di atas berdasarkan jenisnya media penyimpanan/storage memiliki kapasitas dan kegunaannya masing – masing tergantung dari kebutuhan si pengguna media penyimpanan tersebut.

Media penyimpanan/storage terbagi menjadi dua yaitu primary storage dan secondary storage yang memiliki fungsi yang sama tapi kegunaan yag berbeda, contoh:

Secondary storage:
· Hard disk

  Menyimpan system operasi, software aplikasi, data user dan informasi, Harddisk merupakan peralatan penyimpan yang berisi satu atau lebih platter berbentuk lingkaran dan tidak fleksibel yang menyimpan data, instruksi dan informasi.

· CD/DVD drive

Menyimpan software, backup, film maupun music. CD / DVD merupakan tipe media storage optikal yang terdiri dari disk portable berbentuk lingkaran dan datar yang terbuat dari metal, plastic, atau lacquer.

Media penyimpanan/storage selain di gunakan media penyimpanan data sementara dan backup data juga di gunakan untuk memindahkan data dari suatu computer ke computer yang lainnya, beberapa contoh secondary storage device dan kegunaannya sesuai kapasitas yang di miliki:

· Flashdisk

Biasanya digunakan untuk menyimpan data sementara yang ada di computer untuk mempermudah sharing data ke berbagai computer.

· Internal Hard disk

Biasanya digunakan pada computer untuk menyimpan data computer yang di gunakan.

· External hard disk

Biasanya digunakan untuk backup data pada internal hard disk tapi bias juga di gunakan untuk sharing data.

· Mmc (micro media card)

Comments

Post a Comment