latihan codepolitan

Hardware Basic: Piranti Masukan

Pengantar Teknik Informatika Pertemuan Keenam



1. PIRANTI MASUKAN


A. Definisi Piranti Masukkan (Input Device)

Secara Terminologi Piranti masukan adalah input device, sedangkan menurut Etimologi, Piranti Masukan (Input Device) adalah semua perangkat keras komputer yang digunakan untuk memberikan data dan sinyal kendali untuk suatu sistem pemrosesan informasi, misalnya komputer. Peranti masukan dapat dikelompokan berdasarkan beberapa hal diantaranya :

Cara masukan misalnya melalui gerak mekanis atau audio.
Masukan diskret (tekanan tombol) atau kontinu (posisi tetikus).
Derajat kebebasan gerakan misalnya dua dimensi pada tetikus standar dan tiga dimensi pada navigator untuk aplikasi CAD.



B. Jenis-Jenis Piranti Masukan

Jenis - Jenis Piranti Masukan yaitu :

1. Piranti Pengetikan

Peranti pengetikan dapat dipergunakan untuk memasukan data ataupun perintah. Contoh piranti pengetikan adalah berikut ini :

a. Keyboard
    Keyboard adalah peranti pemasukan data yang dapat mengubah huruf, angka, ataupun kode lain menjadi isyarat listrik yang dapat diproses komputer. Keyboard paling umum dipergunakan sebagai piranti masukan dan merupakan piranti yang paling lama dimanfaatkan setelah perkembangan komputer dengan masukan kartu plong (punch card).
   
b. ATM (Automated Teller Machine)
    ATM (Automated Teller Machine) digunakan untuk melakukan transaksi pengambilan uang tunai, pembayaran tagihan, transfer uang, bahkan memesan tiket kereta api. ATM dapat bekerja menjadi peranti input dan output  sekaligus. Sebagai peranti masukan, ATM memungkinkan pengguna untuk memasukan nomor PIN, angka uang, dan hal lain yang terdapat pada tampilan menu.

c. POS (Point of Sale)
     POS (Point of Sale) adalah peranti yang digunakan pada toko – toko untuk memasukan data pembelian. Peranti ini selain berisi tombol seperti keyboard lengkap dengan angka, juga terdapat tambahan yang memungkinkan memproses kartu kredit.  

2. Piranti Penunjuk

Peranti penunjuk adalah peranti masukan yang memungkinkan pengguna untuk memasukan data kontinu dan multidimensi ke dalam suatu komputer. Sistem CAD dan antarmuka pengguna grafis memungkinkan pengguna untuk mengendalikan dan memberikan data kepada komputer dengan menggunakan gestur fisik tunjuk, klik, dan seretContoh piranti penunju yaitu:

a. Mouse
Mouse adalah perangkat genggam kecil yang mendorong di atas permukaan horisontal. Sebuah mouse pointer bergerak grafis dengan menjadi meluncur di permukaan halus.

b. Trackball
Trackball adalah perangkat penunjuk yang terdiri dari bola bertempat di soket yang mengandung sensor untuk mendeteksi rotasi bola sekitar dua sumbu, mirip dengan mouse terbalik.

c. Pointing Stick
Pointing Stick/Tongkat Penunjuk adalah inti tekanan kecil yang sensitif digunakan seperti joystick. Hal ini biasanya ditemukan pada laptop tertanam antara 'G', 'H', dan 'B'. Ini beroperasi dengan merasakan gaya yang diberikan oleh pengguna. Seperti mouse tombol biasanya ditempatkan tepat di bawah spasi . Hal ini juga ditemukan pada mouse dan beberapa keyboard lainnya.

d. Touchpad/Trackpad
Touchpad atau Trackpad adalah permukaan datar yang dapat mendeteksi kontak jari. Ini adalah perangkat penunjuk stasioner yang biasanya digunakan pada laptop. Setidaknya satu tombol fisik biasanya dilengkapi dengan touchpad, namun pengguna juga dapat menghasilkan klik mouse dengan menekan pada pad. Fitur lanjutan mencakup sensitivitas tekanan dan gerakan khusus seperti bergulir dengan menggerakan jari di sepanjang tepi. Touchpad atau Trackpad menggunakan grid dua lapisan elektroda untuk mengukur gerakan jari, satu lapisan memiliki strip elektroda vertikal yang menangani pergerakan vertikal, dan lapisan lainnya memiliki strip elektroda horisontal untuk menangani gerakan horisontal.

e. Touch Screen
Touchscreen adalah perangkat tertanam ke layar TV monitor, atau sistem LCD Monitor layar laptop komputer. Pengguna berinteraksi dengan perangkat dan atau menekan fisik item ditampilkan pada layar, baik dengan jari-jari atau beberapa alat bantu lainnya.

f. Joystick
Joystick atau Tuas Kendali adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.

Tuas kendali juga telah menjadi alat kontrol utama pada kokpit pesawat terbang, termasuk pesawat jet dan pesawat militer, baik sebagai tuas utama ataupun tuas di sisi-sisinya. Tuas kendali juga digunakan untuk mengontrol mesin seperti mesin derek, truk, kursi roda, kamera pengawas dan mesin pemotong rumput. Miniatur dari tuas kendali finger-operated telah diadopsi sebagai alat input untuk peralatan elektronik kecil seperti telepon seluler (ponsel).

g. Light Pen
Light pen adalah peranti masukan komputer dalam bentuk pena yang digunakan bersamaan dengan perangkat komputer CRT TV atau monitor. Hal ini memungkinkan pengguna menunjuk objek yang ditampilkan, atau menggambar pada layar.

h. Digitizing Tablet
Graphic Tablet adalah perangkat keras peranti masukan komputer yang membolehkan pemakainya untuk menggambar dengan tangan dan memasukan gambar atau sketsa langsung ke komputer, layaknya menggambar di atas kertas menggunakan pensil.


3. Piranti Pengambil Gambar Terformat

Banyak jenis peranti masukan yg dapat digunakan untuk mengambil citra (gambar) terformat, yang dalam arti disini bentuk atau format hurufnya sudah ditentukan. Hal ini membantu peranti tersebut dalam menerima masukan. Yang kemudian diubah menjadi sinyal digital. Contoh untuk kategori peranti ini adalah sebagai berikut:

a. Bar Code Reader
Pembaca barcode adalah sebuah alat elektronik untuk membaca barcode. Seperti flatbed scanner terdiri dari sumber cahaya, lensa dan sensor cahaya menerjemahkan impuls ke optik yang listrik.
Selain itu, hampir semua pembaca barcode berisi sirkuit decoder menganalisis gambar barcode data yang diberikan oleh sensor dan mengirim konten barcode untuk output port scanner.

b. MICR ( Magnetic Ink Character Recognition )
MICR digunakan untuk membaca karakter-karakter khusus MICR yang dicetak dengan tinta khusus pula, Tinta ini akan dimagnetisasi oleh MICR sehingga infromasi magnetisnya dapat dibaca dan diterjemahkan menjadi sinyal digital. Tinta magnetis ini hanya dapat dicetak dengan printer laser.

c. OMR ( Optical Mark Recognition)
OMR adalah peranti yang dapat membaca blok tulisan pensil dan mengubahnya menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh komputer. 

d. OCR ( Optical Character Recognition )
OCR adalah peranti yang dapat membaca teks dan mengkonversinya kedalam kode digital yang akan diproses oleh komputer. OCR terdapat sistem yang terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak pemanipulasi data.


4. Piranti Pengambil Gambar Tak Terformat

Contoh piranti pengambil gambar tak terformat adalah sebagai berikut :

a. Image Scanner
Scanner adalah alat elektronik yang fungsinya hampir sama dengan mesin fotocopy yaitu untuk memasukan data berupa image dan di proses melalui komputer. Namun ada perbedaan dari kedua hardware tersebut yaitu mesin fotocopy hasilnya dapat langsung di lihat pada media kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer kemudian di proses secara manual di dalam komputer. Data yang telah diambil dengan scanner bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII (American Standard Code for Information Interchange).

b. Kamera Digital
Kamera digital adalah alat untuk membuat gambar dari obyek untuk dibiaskan melalui lensa kepada sensor CCD ada juga yang menggunakan sensor CMOS yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital.

c. Fingerprint Reader
Pengenalan sidik jari atau otentikasi sidik jari mengacu pada otomatis metode verifikasi pertandingan antara dua manusia sidik jari.
Sidik jari adalah salah satu dari banyak bentuk biometrik digunakan untuk mengidentifikasi individu dan memverifikasi identitas.


5. Perangkat Masukan Suara

a. Mikrofon
Mikrofon adalah suatu jenis transduser yang mengubah energi akustik (gelombang suara) menjadi sinyal listrik. Mikrofon merupakan salah satu alat untuk membantu komunikasi manusia. Mikrofon dipakai pada banyak alat seperti telepon, alat perekam, alat bantu dengar, dan pengudaraan radio serta televisi.

b. Automatic Speech Recognition (ASR)
Dalam ilmu komputer, speech recognition (SR) adalah terjemahan dari kata-kata yang diucapkan menjadi teks. Hal ini juga dikenal sebagai "pengenalan suara otomatis. Beberapa sistem SR menggunakan pelatihan di mana seorang pembicara individu membaca bagian teks ke dalam sistem SR. Sistem ini menganalisis suara tertentu orang tersebut dan menggunakannya untuk fine tune pengakuan pidato orang tersebut, sehingga transkripsi lebih akurat.

c. Headset
Headset adalah gabungan antara headphone dan mikrofon. Alat ini biasanya digunakan untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer, misalnya untuk VoIP. Teknologi headset sudah merambah ke dunia komunikasi, khususnya teknologi telepon selular.

d. Sensor
Sensor adalah sesuatu yang digunakan untuk mendeteksi adanya perubahan lingkungan fisik atau kimia. Variabel keluaran dari sensor yang diubah menjadi besaran listrik disebut Transduser.
Pada saat ini, sensor tersebut telah dibuat dengan ukuran sangat kecil dengan orde nanometer. Ukuran yang sangat kecil ini sangat memudahkan pemakaian dan menghemat energi.


2. SUARA


Suara adalah pemampatan mekanis atau gelombang longitudinal yang merambat melalui medium. Medium atau zat perantara ini dapat berupa zat cair, padat, gas. Jadi, gelombang bunyi dapat merambat misalnya di dalam air, batu bara, atau udara. Kebanyakan suara adalah merupakan gabungan berbagai sinyal, tetapi suara murni secara teoritis dapat dijelaskan dengan kecepatan osilasi atau frekuensi yang diukur dalam Hertz (Hz) dan amplitudo atau kenyaringan bunyi dengan pengukuran dalam desibel.

Manusia mendengar bunyi saat getaran di udara atau medium lain sampai ke gendang telinga manusia. Batas frekuensi bunyi yang dapat didengar oleh telinga manusia kira-kira dari 20 Hz sampai 20 kHz pada amplitudo umum dengan berbagai variasi dalam kurva responsnya. Suara di atas 20 kHz disebut ultrasonik dan di bawah 20 Hz disebut infrasonik.

ØSuara dibedakan menjadi 2 yaitu:



a. Suara Periodik adalah Suara yang terjadi secara kontinyu atau berlanjut dan getaran yang dihasilkan sama. Contoh suara periodik : instrument musik dan nyanyian burung.


b. Suara Non Periodik adalah Suara yang tidak terjadi secara berlanjut atau suara yang bentuk gelombangnya kotak-kotak. Contoh suara non-periodik: batuk dan percikan ombak.


ØSuara sangat berkaitan erat dengan:

1. Frekuensi adalah Banyaknya getaran dalam satu detik.
Satuan : Hertz (Hz) atau Cycles per second (cps). Panjang gelombang suara (wavelenght) dirumuskan = c/f


2. Amplitudo adalah Keras lemahnya bunyi atau tinggi rendahnya gelombang
Satuan amplitudo adalah decibel (db). Bunyi mulai merusak telinga jika volumenya lebih besar dari 85 dB dan pada ukuran 130 dB akan mampumembuat hancur gendang telinga


3. Velocity adalah Kecepatan perambatan gelombang bunyi sampai ke telinga pendengar
Satuan yang digunakan : m/s. Pada udara kering dengan suhu 200C (680F), maka kecepatan rambat suara sekitar 343 m/s.


3. Video

Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Biasanya menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital. Video juga bisa dikatakan sebagai gabungan gambar-gambar mati yang dibaca berurutan dalam suatu waktu dengan kecepatan tertentu.

ØJenis-jenis Video

Pada dasarnya terdapat dua jenis video dalam layer computer yaitu :

1. Video Analog
Meskipun banyak video yang diproduksi hanya untuk platform display digital(untuk Web, CD-ROM, atau sebagai presentasi HDTV DVD), video analaog (kebanyakan masih digunakan untuk penyiaran televisi) masih merupakan platform yang paling banyak diinstal untuk mengirim dan melihat video.
Standar Penyiaran Video Analog : Tiga standar penyiaran video analog yang paling banyak digunakan di dunia adalah NTSC, PAL, dan SECAM.

2. Video Digital
Integrasi Penuh dari video digital dalam kamera dan komputer mengurangi nemtuk televisi analog dari video dari produksi multimedia dan platform pengiriman, jika kamera video menggerakkan sinyal output digital,video dapat merekam dan disimpan ke disk siap untuk diedit. Contoh kualitas video digital yang prima lewat hadirnya teknologi VCD dan DVD (Digital Versatile Disc), sedangkan dunia broadcasting kini juga lambat laun mengalihkan teknologinya kearah DTV (Digital Television).


ØMacam – Macam Video

1. Video IP Adalah video yang dilewatkan melalui IP. Terdapat tiga kategori video pada saat mereka dipancarkan pada publik baik melewati satelit, melalui kabel, dan melalui IP atau format radio analog.

2. Video RAM Disingkat dengan VRAM. Tipe spesial dari DRAM yang memungkinkan akses direct high speed memory melalui sirkuit video. Jenis memori ini lebih mahal bila dibandingkan chips DRAM yang konvensional.

3. Videotex Istilah yang dibuat untuk menjelaskan peralatan TV yang digunakan untuk menampilkan data berbasis komputer, baik dikirimkan lewat telepon atau lewat kanal pemancar.

4. Video Out Fitur pada perangkat keras yang bisa menghubungkan kamera ke video in port pada televisi atau monitor dan menampilkan citra digital di layar video.

5. Videotext Suatu kemampuan untuk mengirimkan mentransmisikan secara dua arah dari suatu gambar dan suara.

4. Gerak

Gerak adalah suatu perubahan tempat kedudukan pada suatu benda dari titik keseimbangan awal. Sebuah benda dikatakan bergerak jika benda itu berpindah kedudukan terhadap benda lainnya baik perubahan kedudukan yang menjauhi maupun yang mendekati.

ØJenis - Jenis Gerak

1. Gerak Semu atau Relatif

Gerak semu adalah gerak yang sifatnya seolah-olah bergerak atau tidak sebenarnya (ilusi).
Contoh :
vBenda-benda yang ada diluar mobil kita seolah bergerak padahal kendaraanlah yang bergerak.
vBumi berputar pada porosnya terhadap matahari, namun sekonyong-konyong kita melihat matahari bergerak dari timur ke barat.

2. Gerak Ganda

Gerak ganda adalah gerak yang terjadi secara bersamaan terhadap benda-benda yang ada di sekitarnya.
Contoh :
vTopi yang dilempar dari atas kapal yang sedang berlayar, topi melakukan dua gerakan yaitu gerak terhadap kapal dan gerak terhadap pelabuhan.

3. Gerak Lurus

Gerak lurus adalah gerak pada suatu benda melalui lintasan garis lurus. Contohnya seperti gerak rotasi bumi, gerak jatuh buah apel, dan lain sebagainya. Gerak lurus dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

a. Gerak lurus beraturan (GLB)
Gerak lurus beraturan adalah gerak suatu benda yang lurus beraturan dengan kecepatan yang tetap dan stabil.Seperti kereta melaju dengan kecepatan yang sama di jalur rel yang lurus

b Gerak lurus berubah beraturan (GLBB).
Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak suatu benda yang tidak beraturan dengan kecepatan yang berubah-ubah dari waktu ke waktu.Seperti gerak jatuhnya tetesan air hujan dari atap ke lantai.

5. Sensor

Sensor adalah jenis tranduser yang digunakan untuk mengubah besaran mekanis, magnetis, panas, sinar, dan kimia menjadi tegangan dan arus listrik. Sensor sering digunakan untuk pendeteksian saat melakukan pengukuran atau pengendalian.

ØJenis - Jenis Sensor

1. Sensor Cahaya 

adalah alat sensor sinar yang mengubah energi sinar langsung menjadi energi listrik. Sel solar silikon yang modern pada dasarnya adalah sambungan PN dengan lapisan P yang transparan. Jika ada cahaya pada lapisan transparan P akan menyebabkan gerakan elektron antara bagian P dan N, jadi menghasilkan tegangan DC yang kecil sekitar 0,5 volt per sel pada sinar matahari penuh.

2. Sensor Suhu

Ada 4 jenis utama sensor suhu yang biasa digunakan :

a. Thermocouple terdiri dari sepasang penghantar yang berbeda disambung las dilebur bersama satu sisi membentuk sambungan pengukuran yang ada ujung bebasnya untuk hubungan dengan sambungan referensi. Perbedaan suhu antara sambungan pengukuranmdengan sambungan referensi harus muncul untuk alat ini sehingga berfungsi sebagai thermocouple.

b. Detektor Suhu Tahanan konsep utama dari yang mendasari pengukuran suhu dengan detektor suhu tahanan adalah tahanan listrik dari logam yang bervariasi sebanding dengan suhu. Kesebandingan variasi ini adalah presisi dan  dapat diulang lagi sehingga memungkinkan pengukuran suhu yang  konsisten  melalui  pendeteksian tahanan. Bahan  yang sering digunakan RTD adalah platina karena kelinearan, stabilitas dan reproduksibilitas.

c. Thermistor adalah resistor yang peka terhadap panas yang biasanya mempunyai koefisien suhu negatif. Karena suhu meningkat, tahanan menurun dan sebaliknya. Thermistor sangat peka oleh karena itu mampu mendeteksi perubahan kecil di dalam suhu.

d. Sensor Suhu Rangkaian Terpadu (IC) menggunakan chip silikon untuk elemen yang merasakan. Memiliki konfigurasi output tegangan dan arus. Meskipun terbatas dalam rentang suhu (dibawah 200 ³C), tetapi menghasilkan output yang sangat linear di atas rentang kerja.

3. Sensor Tekanan

 memiliki prinsip kerja mengubah tegangan mekanis menjadi sinyal listrik. kurang ketegangan didasarkan pada prinsip bahwa tahanan pengantar berubah dengan panjang dan luas penampang.

6. RFID

RFID atau Radio Frequency Identification. RFID adalah sistem identifikasi tanpa kabel yang memungkinkan pengambilan data tanpa harus bersentuhan seperti barcode dan magnetic card seperti ATM. RFID banyak dipakai diberbagai bidang seperti perusahaan, supermarket, rumah sakit.

Prinsip kerja RFID adalah mengidentifikasi sistem dengan gelombang radio. Untuk itu minimal dibutuhkan dua buah perangkat, yaitu yang disebut TAG dan READER. Saat pemindaian data, READER membaca sinyal yang diberikan oleh RFID TAG.

ØRFID TAG adalah sebuah alat yang melekat pada obyek yang akan diidentifikasi oleh RFID READER. RFID TAG dapat berupa perangkat pasif atau aktif. TAG pasif artinya tanpa battery dan TAG aktif artinya menggunakan battery.

ØRFID READER adalah merupakan alat pembaca RFID TAG. Ada dua macam RFID READER yaitu READER PASIF (PRAT) dan READER AKTIF (ARPT). Reader pasif memiliki sistem pambaca pasif yang hanya menerima sinyal radio dari RFID TAG AKTIF yang dioperasikan dengan barrety/sumber daya. Jangkauan penerima RFID PASIF bisa mencapai 600 meter. Hal ini memungkinkan aplikasi RFID untuk sistem perlindungan dan pengawasan aset. Reader aktif memiliki sistem pembaca aktif yang memancarkan sinyal interogator ke TAG dan menerima balasan autentikasi dari TAG. Sinyal interogator ini juga menginduksi TAG dan akhirnya menjadi sinyal DC yang menjadi sumber daya TAG PASIF.

ØSistem sinyal RFID
RFID menggunakan beberapa jalur gelombang untuk pemancaran sinyal. Namun yang paling banyak dipakai adalah jalur UHF ada frekuansi 865-868MHz dan 902-928 MHz. Kode yang ditulis pada TAG berupa 96 bit data yang berisi 8bit header, 28 bit nama organisasi pengelola data, 24bit kelas obyek dan 36bit terakhir adalah nomor seri yang unik untuk tag. Kode tersebut dipancarkan melalui sinyal RF dengan urutan yang telah standar.


7. Kode QR

Kode QR adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994 dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula. Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang.

Gambar Struktur QR CODE


ØFungsi kode QR

Kode QR berfungsi menyimpan alamat dan URL, nomer telepon, teks dan sms yang dapat digunakan pada majalah, surat harian, iklan, pada tanda-tanda bus, kartu nama ataupun media lainnya atau dengan kata lain sebagai penghubung konten daring dan konten luring.

Cara Membuat Kode QR

Untuk cara membuat kode qr kunjungilah situs qr code generator dibawah ini :
1. Qrcode.kaywa.com
2. Goqr.me
3. The-qrcode-generator.com
4. Qrstuff.com
5. Zxing.appspot.com/generator/
6. Qrcode.littleidiot.be

Kesimpulan

Piranti masukan adalah semua perangkat keras komputer yang digunakan untuk memberikan data dan sinyal kendali untuk suatu sistem pemrosesan informasi, misalnya komputer.

Jenis - Jenis Piranti Masukan ada 5 yaitu :
1. Piranti Pengetikan.
2.  Piranti Penunjuk.
3. Piranti Pengambil Gambar Terformat.
4. Piranti Pengambil Gambar Tak Terformat.
5. Perangkat Masukan Suara.

Suara adalah pemampatan mekanis atau gelombang longitudinal yang merambat melalui medium. Medium atau zat perantara ini dapat berupa zat cair, padat, gas. Kebanyakan suara merupakan gabungan berbagai sinyal, tetapi suara murni secara teoritis dapat dijelaskan dengan kecepatan osilasi atau frekuensi yang diukur dalam Hertz (Hz) dan amplitudo atau kenyaringan bunyi dengan pengukuran dalam desibel. Suara yang bisa didengar oleh manusia 20 Hz sampai 20 kHz. Suara dibedakan menjadi 2 yaitu, Suara Periodik dan Suara Non periodik.

Video adalah teknologi untuk menangkap dan merekam gambar bergerak menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital. Video juga bisa dikatakan sebagai gabungan gambar-gambar mati yang dibaca berurutan dalam suatu waktu dengan kecepatan tertentu.
Jenis-jenis Video ada 2 yaitu, Video Analog dan Video Digital

ØMacam – Macam Video ada 5 yaitu :

1. Video IP
2. Video RAM
3. Videotex
4. Video Out
5. Videotext

Gerak adalah suatu perubahan tempat kedudukan pada suatu benda dari titik keseimbangan awal. Jenis - Jenis Gerak ada 3 yaitu, Gerak Semu atau Relatif, Gerak Ganda dan Gerak Lurus
Sensor adalah jenis tranduser yang digunakan untuk mengubah besaran mekanis, magnetis, panas, sinar, dan kimia menjadi tegangan dan arus listrik. Sensor sering digunakan untuk pendeteksian saat melakukan pengukuran atau pengendalian. Jenis - Jenis Sensor ada 3 macam yaitu, Sensor Cahaya, Sensor Suhu dan Sensor Tekanan

RFID adalah sistem identifikasi tanpa kabel yang memungkinkan pengambilan data tanpa harus bersentuhan seperti barcode dan magnetic card seperti ATM. RFID banyak dipakai diberbagai bidang seperti perusahaan, supermarket, rumah sakit. Prinsip kerja RFID adalah mengidentifikasi sistem dengan gelombang radio.

Kode QR adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994 dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat. Fungsi kode QR adalah menyimpan alamat dan URL, nomer telepon, teks dan sms yang dapat digunakan pada majalah, surat harian, iklan, pada tanda-tanda bus, kartu nama ataupun media lainnya atau dengan kata lain sebagai penghubung konten daring dan konten luring.

Comments